Senin, 18 April 2016

Yamaha F1ZR

       
     Yamaha Force 1 ini merupakan penerus dari Yamaha Alfa bermesin 105cc yang lebih dahulu diperkenalkan pada akhir tahun 1980-an. Model Force 1 pertama yang diluncurkan tahun 1992 ini masih menggunakan model rem teromol di depan dan belakang. Motor ini adalah motor bebek pertama Yamaha di Indonesia yang sudah mengadopsi sistem pendingin YPCS (Yamaha Performance Cooling System). Sistem YPCS sendiri merupakan sistem pendingin mesin dengan mengandalkan kipas. Kipas ini berfungsi menyedot udara dari luar untuk mendinginkan bagian mesin. Jadi karena suhu tetap terjaga, kinerja mesin bisa terus optimal. Pada masanya, Suzuki sebenarnya telah lebih dahulu menggunakan teknologi sejenis di Suzuki RC series, yang dikenal dengan nama Suzuki Jet Cooled, tetapi perbedaannya Jet Cooled dilengkapi tambahan berupa nozzle yang menyemprotkan oli ke blok mesin.

     Pada tahun 1994 diperkenalkan facelift yang diberi nama Force 1 Z. Secara bentuk tidak terlalu banyak perubahan, yang mencolok model ini telah menggunakan sistem pengereman disc brake di bagian depan. Hingga tahun 1996, F1Z masih bertahan dengan model yang ditawarkannya. Namun ada beberapa model spesial yang diluncurkan. Perbedaannya, hanya ada pada bagian behel yang dilengkapi lampu, serta penambahan krom dibeberapa komponennya. Generasi terakhir telah adopsi full clutch. Tahun 1997 baru diluncurkan Yamaha F1ZR yang sudah dilengkapi kopling manual, tetapi koplingnya masih semi otomatis; dimana banyak orang menyebutnya dengan julukan "kopling banci"


     Di tahun 2000, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai produsen, melakukan perombakan besar di F1ZR. Desainnya terlihat lebih modern yang didukung dengan penggunaan pelek bermodel racing. Selain itu, model ini sudah mengaplikasi full clutch atau kopling manual konvensional.

Spesifikasi Teknik

Mesin

Tipe  : 2-stroke, silinder tunggal 110,4cc
Bore x Stroke  : 52,0 x 52,0 mm
Kompresi  : 7,1 : 1
Transmisi  : Manual, wet multi-plate clutch, 4 speed dengan pola N-1-2-3-4
Karburator  : VM 20 X 1 MIKUNI
Kapasitas Oli  : 1,2 lt
Sistem Pelumasan 2-Tak: Yamaha AutoLube
Aki  : GM5Z-3B/YB5L-B/12V5AH
Busi  : BP 7 HS-10/W 22 FP-10
Sistem Pengapian  : CDI

Sasis

Berat Kosong  : 95 kg
Tipe Sasis  : Pipa
Kapasitas BBM  : 4,5 liter
Wheelbase  : 1.190 mm
Ground Clearance  : 135 mm
Tinggi tempat duduk  : 750 mm
Suspensi/ Ban
Suspensi depan  : Teleskopik
Ban Belakang  : 2.75-17-4 PR
Ban Depan  : 2.50-17-4 PR

Performance

Dimension (LxWxH)  : 1.870 x 670 x 1.040 mm
Starter  : Kick & Electric
Maximum Power  : 11.8 dk / 7500 rpm
Maximum Torque  : 1,10 KGF.M / 6500 rpm

Sistem Pengereman

Rem Depan  : cakram
Rem Belakang  : Tromol


Tidak ada komentar:

Posting Komentar