Karburator merupakan alat pencampur antara bensin dan udara, yang pada suatu saat akan mengalami kondisi kotor. Baik karena bensin itu sendiri yang mengendap didalamnya maupun karena air / embun dari karburator. Sehingga butuh yang namanya SERVICE RUTIN agar performa motor tetap terjaga. Oleh karena itu penulis berusaha membatu dengan tulisan ini, walaupun ini cuma servis sederhana saja. Langsung saja ke pokok pembahasan .
Langkah pertama :
1). Siapkan alat dan bahan
- Alat yang diperlukan :
1. Obeng + ( besar + kecil )
2. Obeng - ( besar + kecil )
3. Tang
4. Kunci pas 10, 12 ( bila ada )
5. Kaleng bekas untuk menampung part karbu yang sudah di bongkar.
6. Kuas
- Bahan
Satu unit sepeda motor F1ZR yang ada karburatornya, he he he kalo gak ada karbunya ya gak usah di servis....
2). Lepas karburator dari sepeda motor
- Bonkar tebeng sebelah kiri. kanan juga boleh untuk mempermudah saat melepas selang oli samping yang ke karburator.
- Lepas/cabut selang bensin dan selang vakum pompa bensin.
- Buka tutup sekep karburator dan tarik sampai lepas.
- Lepas kabel saluran choke.
- Lepas leher filter karet karburator.
- Kendorkan secruw pengait karburator.
- Tarik selang oli samping sampai terlepas.
- Karburator siap ditarik dan dilepas dari sepeda motor.
3). Langkah pembongkaran karburator.
- Buka 4 secruw bagian bawah karburator
- Lepas pelampung dan jarum
- Lepas pilot jet dan main jet
- Lepas setelan angin, karena sering terdapat kotoran pada ujung setelan angin yang bisa mengganggu saat penyetingan nantinya.
- Lanjutkan dengan proses membersihkkan seluruh komponen karburator dengan bensin dan kuwas. Agar hasilnya lebih memskan, lebih disarankan menggunakan cairan KARBU CLEANER yang banyak dijual di bengkel-bengkal.
Proses bersih bersih pun selesai, lanjutkan dengan proses perakitan.
- Proses ini dimulai dari memasang pilot jet dan main jet tentunya yang sudah dibersihkan dan masih layak pakai.
- Pasang jarum dan pelampung karburator, pastikan memasang pelampung jangan terbalik karena bisa menyebabkan karbu jadi banjir.
- Setelah dipastikan tak ada part yang ketinggalan langsung tutup dan kencangkan screw nya.
- Pasang kembali karburator pada motor, selang bensin, selang vakum, selang oli samping, kabel chok, tutup sekep.
- Karet leher jangan di pasang dulu, karena saat menghidupkan pertama kali, tutup karburator dengan tangan sambil di selah sampai tangan terasa terkena bensin.
- Hidupkan motor, jika sudah menyala baru pasang leher karet ke bok folter langsung kencangkan secrunya.
Langkah berikutnya MENYETING karburator,
caranya :
Putar pengatur udara pada karburator searah jarumjam sampai mentok, buka grip gas sedikit usahakan motor jangan sampai mati dan tahan.
Putar pengatur udara berlawanan arah jarum jam sekitar 3 putaran ( bisa kurang bisa lebih tergantung kondisi sepeda motornya ) sampai suara motor melengking paling tinggi, lepas gas terus seting setasioner sesuai yang diinginkan dengan memutar secruw stasioner.
catatan :
Jarum sekep di posisi no 2 dari atas, mbrebet pada putaran atas berarti terlalu boros, (terlalu kaya ) ngempos di putaran bawah berarti kurang bahan bakar ( terlalu miskin ) Atau bisa juga karena faktor lain seperti membran sudah jelek, atau pengapian kurang bagus dll.
--------------------------------------------------------------------









Bos kalo di putaran tinggal tersendat apane iyo lur?
BalasHapussebelumnya sy mhn maaf y, pengalaman saya memakai F1ZR kalau di putaran tinggi tersendat biasanya karena suplai perbandingan BBM tidak seimbang,,, karburasi original yg ad di fizr sy juga seperti itu, coba setting ulang dulu sampai maksimal,, coba cuk nya dibuka, mungkin bisa jadi tidak tersendat, bisa juga karena problem yang lainnya... terima kasih mudah2an membantu
HapusMotor saya mesin hidup gas langsung tinggi padahal ngak saya tarik gasnya , sudah saya cek kabel gas dgn choknya kesua duanya baik aja . Kira kira dari mana sumber masalahnya
BalasHapuspada kabel gas di tutup karburator kan ada 2mur 1panjang satu pendek (itu fungsinya untuk seting juga) mungkin dari situ
BalasHapusbisa juga dari setting stasioner/ bensin di karburator
Bang sebelumnya kan saya pake knalpot ori bobokan tarikan atas bawah rasanya mantap, truz saya beli knalpot standar racing Purbalingga pas dipasang fan dicoba tarikan atas bawah kayk ngempos banget larinya gak sekencang knalpot ori bobokan. Kira2 knapa ya bang? Atau bbm kurang boros atau pj mj kurang besar?
BalasHapusTolong dijawab bang semoga rejekinya lancar aamiin
Makasih gan infonya
BalasHapusMas kenapa ya punya saya ,klok langsung digas itu kayak bensin udah habis ,dan juga masalahx mas waktu motor jalan ,pas turun gas itu agak sedikit nyendat2/ada suara teng teng,kayak gas buang kurang bersih ,itu kenapa ya mas ???
BalasHapus